Alat Musik Afrika Selatan Vuvuzula

Vuvuzela merupakan alat musik khas afrika yang saat ini menjadi alat musik andalan di daerah Afrika, apalagi di saat perhelatan akbar Piala Dunia 2010 ini. Stadion – stadion pun menjadi ramai, riuh dan pastinya semakin membakar semangat para penonton, pemain dan pelatih.

Alat Musik Khas Afrika Vuvuzela ini sering menjadi bahan omongan dan perdebatan / kontroversional. Ada yang menganggap Vuvuzela sebagai pembuat kebisingan dan mengganggu konsentrasi dan interaksi antara pelatih dan pemain di lapangan hijau tersebut. Dan ada juga yang beranggapan bahwa Vuvuzela sebagai pembakar semangat para pemain dan penonton di sana.

Vuvuzela adalah alat musik khas Afrika yang awalnya dibuat dari tanduk Antelop atau Kudu. Alat musik itu sering digunakan sebagai alat untuk mengumumkan upacara adat atau acara-acara meriah di Afrika Selatan. Espi-Sanchis menegaskan vuvuzela jika ditiup bersamaan dalam stadion bisa menghasilkan nada dan irama yang menawan.

“Masalahnya adalah tidak ada yang berusaha mencoba mensinkronkan suara vuvuzela di seluruh stadion, jadi semua vuvuzela di stadion memainkan irama yang sama,” usul Espi-Sanchis.FIFA dan otoritas Afrika Selatan sendiri mengatakan alat musik tradisional itu telah menjadi salah satu identitas Piala Dunia Afrika Selatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s